Thursday 7 April 2011

Romantisme Masa Lalu

Setiap orang memiliki masa lalu dan setiap orang pula memiliki (sedikit) angan-angan....andaikan waktu bisa berputar ulang. Ungkapan demikian muncul disaat ada sebersit kenangan akan sesuatu (tentunya kenangan indah bagi pemiliknya) atau mendapat "hambatan" masa sekarang. Inilah romantisme masa lalu.Kegiatan yang mengandung makna romantisme masa lalu diantaranya hobi mengumpulkan benda antik, hobi kuliner tradisional, hobi wisata sejarah, dan lainnya. Semua hal tersebut adalah upaya dari pribadi yang bersangkutan tentang romantisme masa lalu yang ingin diwujudkannya. Istilah lain adalah "mengenang kembali" atau nostalgia.
Keinginan untuk "mengenang kembali" merupakan hal yang wajar bagi setiap orang. Keinginan tersebut muncul biasanya karena ada pemicu dimasa sekarang ini, misalnya saja mengingatkan akan suatu kejadian, teman, atau siapapun yang berarti bagi kehidupan yang bersangkutan baik dimasa lalu atau hingga masa kini. Romantisme masa lalu juga bisa muncul karena ketidakmampuan dalam menghadapi tantangan masa sekarang yang lebih kompleks. Namun bila romantisme masa lalu tersebut diwujudkan kedalam hal positif tentu itu akan baik, tapi bila terwujud dalam hal negatif itulah yang harus dihindari. 
Pada intinya romantisme masa lalu merupakan hal yang wajar dan manusiawi. Perwujudan dari romantisme masa lalu itulah yang perlu diwaspadai. Perlu diingat bahwa masa sekarang adalah masa lalu bagi masa depan. Untuk itu, desain dan isilah masa sekarang dengan sesuatu yang bermakna, sehingga bila dimasa depan nanti muncul romantisme masa lalu akan muncul kenangan yang menyenangkan. Jangan lupa lihatlah dari berbagai sudut pandang, karena sesuatu menyenangkan atau tidak karena sudut pandang yang berbeda. Syukurilah yang telah diberikan-Nya apapun itu karena itulah yang terbaik untuk kita.
Semangat untuk mengisi masa sekarang dengan hal-hal yang positif.

No comments:

Post a Comment

Disqus Shortname

Comments system