Monday 9 May 2011

Siapkah menjadi orang tua?

Beberapa hari terakhir ini saya dicemaskan dengan kesehatan anak saya. Perubahan cuaca yang ekstrim tetapi tidak diikuti dengan ketahanan tubuh, benar-benar membuat tubuh cepat merasakan efeknya, yaitu sakit. Bila anak sakit kecemasan muncul, maklum anak kecil belum bisa mengatakan bagian mana saja yang sakit, ditambah dengan susahnya minum obat. Kejadian yang berturut-turut saya rasakan, karena saya baru pulih dari sakit, anak sudah menyusul sakit. Memang perlu kesabaran ekstra dalam merawat. Disinilah saya merasa, Allah masih menyayangi keluarga saya, karena saya yakin ujian datang karena Dia sayang kepada kita dan akan meningkatkan derajat kita (entah dengan mengampuni dosa dan salah kita ataukah yang lainnya, itukan rahasia-Nya). Syukur terus dipanjatkan kepada-Nya, karena saya sudah dipercaya-Nya menjadi orang tua dan dipercaya untuk menjaga amanah-Nya berupa anak keturunan.


Dalam diam saya merenung, untuk menjadi orang tua itu tidak mudah, karena banyak kriteria yang (menurut saya) saya belum kuasai sepenuhnya (atau memang tidak akan bisa dikuasai sepenuhnya, hanya bisa ditingkatkan kualitasnya?) diantaranya :




  1. Sikap saya terhadap orang tua/orang yang dituakan : sudahkah menghormatinya, mendoakannya, patuh dan taat, kasih sayang, sabar dan lain sebagainya.

  2. Sikap saya terhadap yang lebih muda : menyayanginya, menjadi tauladan yang baik, membimbing, mendoakan, dan lainnya.

  3. Sikap terhadap lingkungan sosial sekitar : simpati dan empati, kepekaan sosial, menjaga kerukunan

  4. Sikap terhadap sesama mahluk ciptaan-Nya

  5. Sikap kepada Allah : kewajiban dan larangan untuk dijalankan sepenuh hati

  6. Membersihkan rejeki, hati, dan sikap dari yang buruk dan tidak halal.


Ternyata saya belum ada apa-apanya.........masih jauh dari baik. Semoga Allah terus mengampuni dosa dan menerima ibadah saya serta menjadikan diri saya dan keluarga menjadi lebih baik lagi. Amien


Manusia memang biasanya ingat pada yang menciptakannya saat dia mendapat kesusahan atau dilanda kecemasan. Ampuni ya Allah.

No comments:

Post a Comment

Disqus Shortname

Comments system