Tuesday 6 September 2011

Migrasi ke Open Source Software (saya pakai OS Linux Ubuntu)

Beberapa waktu lalu saya mengikuti pelatihan Open Source Software yaitu LINUX Ubuntu 11.04 Natty.  Sebenarnya saya kenal (hanya kenal) LINUX sudah cukup lama, sejak tahun 2003/2004, hanya saja untuk migrasi dari Windows ke LINUX masih ogah-ogahan. Maklum kita terbiasa dengan Windows dan berbagai aplikasi didalamnya. Namun saya sempat tersentak dengan kalimat yang dilontarkan teman saya, beliau seorang guru TIK di sebuah sekolah menengah atas, beliau bilang begini " kalau kita sebagai guru nggak mengajari anak didik kita untuk berbuat legal bagaimana nanti? minimal kita pake aja LINUX dan biarkan anak didik yang menilai". Saya mendengar hal tersebut lumayan kaget, maklum selama saya mengenal Windows yang dipakai PC dan laptop saya, semuanya adalah bajakan, tentu saja dengan semua aplikasi didalamnya. Itu saja belum terhitung MP3, film, dan lainnya yang saya download dari internet. Waduh!! ternyata saya seorang PIRATE juga !!


Untuk itu saya perlu migrasi ke Operation System yang legal, dan kalau bisa gratis alias "free". Mengikuti apa yang sering di bilang oleh orang-orang, "kalau ada yang gratis kenapa cari yang bayar, tapi tentu saja haruslah legal". Dengan tekad itulah saya akhirnya migrasi total ke Open Source, dan yang saya pilih adalah LINUX Ubuntu 11.04 Natty. Benar, ternyata apa yang saya takutkan, penyakit malas untuk belajar sesuatu yang baru, menghinggapi , tetapi sekarang sekarang ini Komunitas Open Source sudah banyak, sehingga penyakit malas berubah menjadi rasa ingin tahu. Diawali dari "Googling" mencari padanan aplikasi di Windows dengan LINUX. Alhasil banyak ternyata alternatif yang ada diantaranya saya dapat daftar padanan aplikasi Windows yang ada di LINUX (bisa download disini). Daftar tersebut saya download dari Mas Romi (http://romisatriawahono.net). Makasih Mas Romi.


Jadi inget ada yang bilang saat saya masih kuliah dulu "long life education" alias belajar sepanjang hayat. Harus belajar lagi dengan yang baru, tetapi saya yakin hal itu bisa dilakukan dengan baik. Kebiasaan akan menjadi kuncinya serta ketekunan dan petunjuk Allah SWT. Mari kawan, kita coba mengakhiri menggunakan aplikasi software bajakan, cari lah yang legal aja, aman dan nyaman pula.


No comments:

Post a Comment

Disqus Shortname

Comments system