Monday 10 October 2016

#BatikIndonesia Batik: Warisan tradisi yang berinovasi

batik-1 
Batik di Kraton Yogyakarta (1930-1940)
Sumber: http://images.memorix.nl/kitlv/thumb/250x250/c9c77a05-6512-401a-93fa-e9022afc24f6.jpg

Batik merupakan kekayaan budaya dari Indonesia yang sudah diakui oleh dunia. PBB melalui UNESCO, merupakan Badan PBB yang mengurusi budaya dan pendidikan, telah menetapkan batik sebagai warisan dunia dari Indonesia. Penetapan UNESCO tersebut kemudian dijadikan hari batik di Indonesia yaitu tanggal 2 oktober.

Didalam prasasti yang berasal dari kerajaan Mataram Kuno, disebutkan bahwa kain batik merupakan hadiah yang selalu ada dan diberikan kepada pembesar kerajaan pada saat acara tertentu. Hal ini membuktikan bahwa batik, dalam hal ini kain batik, merupakan kain yang berharga dan hanya golongan tertentu saja yang biasa menggunakannya. Selain daripada itu, relief dan arca pada candi-candi peninggalan Mataram Kuno yang banyak tersebar di Yogyakarta menunjukkan kain batik dengan motif-motif tertentu. Penelusuran kembali tentang beragam motif batik dari masa kuno perlu dilakukan, selain untuk upaya pelestarian juga sebagai upaya untuk mengembangkan kreasi baru dari motif yang sudah ada.


candi-merak-2 
Motif Bunga dan Sulur di relief candi yang sering digunakan dalam motif batik
Sumber: koleksi pribadi

Batik sebagai salah satu warisan tradisi Indonesia saat ini terus berinovasi. Kain batik yang ada bukan hanya digunakan untuk keperluan acara adat dan budaya saja, namun sudah berkembang menjadi salah satu style fashion. Jika kain batik pada masa dahulu merupakan kain milik golongan bangsawan, kini semua kalangan dapat menggunakannya. Keadaan ini bukan berarti batik mengalami penurunan prestige, tetapi lebih menunjukkan kepada batik yang semakin merakyat, berkembang, dan berinovasi dalam setiap zaman yang semakin modern.



batik-2 
Busana Batik dikenakan pada era 1925
Sumber: http://media-kitlv.nl/all-media/indeling/detail/form/advanced/start/200?q_searchfield=batik



baju-batik-pria-dan-wanita-7 
Batik masa kini
Sumber: http://www.modelbajubatik.net/wp-content/uploads/2014/10/Baju-Batik-Pria-dan-Wanita-7.jpg

Banggalah memiliki batik.  Kembangkan terus batik Indonesia. Banggalah menjadi Indonesia. 
Selamat Hari Batik.


No comments:

Post a Comment

Disqus Shortname

Comments system