Wednesday 30 October 2019

Menulis: Jembatan untuk Mengingat dan Mempengaruhi

Menulis merupakan salah satu upaya untuk memperkuat ingatan. Ya ingatan. Memori manusia penuh dengan rekaman kenangan yang tentu mudah sekali hilang atau terlupa. Menulis tidak mudah, namun juga sulit. Mudah karena tinggal tulis apa yang ingin ditulis. Sulit karena mengawali sesuatu bukanlah hal bisa dilakukan sekali jalan.
Menulis tentu akan sangat bagus apabila diiringi dengan kemampuan membaca yang mumpuni. Kemampuan baca dari berbagai sumber sehingga mampu memberikan sudut pandang yang berbeda dalam sebuah tulisan. Selain daripada itu gaya penulisan juga akan semakin berkembang.
Gaya tulis dapat berupa tulisan populer yang sederhana namun sarat informasi, namun ada juga yang ilmiah. Pemilihan kata juga berpengaruh dalam gaya menulis.
Tulisan yang dibuat juga berpengaruh pada konsumen pembaca. Pembaca yang akan dibidik. Kenyamanan pembaca sangat diutamakan, meskipun banyak juga penulis yang memaksakan pembaca dengan gayanya. Pembaca dengan keingintahuan tinggi pasti akan mengikuti gaya sang penulis apapun itu. Inilah yang kemudian disebut penulis telah mampu mempengaruhi pembaca bahkan memiliki komunitas atau segmen pembaca tersendiri.

No comments:

Post a Comment

Disqus Shortname

Comments system