Wednesday 12 February 2014

Korelasi Konsep Sejarah dan Ilmu-Ilmu Sosial



Korelasi Konsep Sejarah dan Ilmu-Ilmu Sosial
Oleh Dwi Hatmoko


A.    Pendahuluan
Sejarah mempelajari kehidupan manusia yang dikaitkan dengan waktu. Dimensi waktu merupakan penekanan dalam sejarah. Disamping menekankan waktu, juga menekankan pada perubahan dan keberlanjutan. Dengan demikian konsep sejarah menekankan waktu, perubahan yang terjadi, dan keberlanjutan dari perubahan tersebut (time, change, and continuity). Dimensi waktu, perubahan yang terjadi, dan keberlanjutan perubahan tersebut merupakan sudut pandang sejarah dalam mempelajari kehidupan manusia. Dari tinjauan tentang obyek studi sejarah yang berupa kehidupan manusia, maka sejarah cenderung dimasukkan ke dalam ilmu humaniora.
Di Indonesia sejarah masuk ke dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial untuk disekolah-sekolah. Dimasukkannya sejarah kedalam ilmu sosial melalui pertimbangan bahwa obyek studi yang dipelajari tidak jauh beda, yaitu manusia. Kedekatan ilmu sosial dengan sejarah semakin menjadikan sejarah dalam mengungkap kehidupan manusia dari segi waktu juga menerapkan pendekatan dari ilmu sosial yang lain. Pengungkapan kehidupan manusia ditinjau dari sejarah akan lebih bermakna bila menggunakan pendekatan multidisiplin dari berbagai ilmu sosial.


B.     Pembahasan
Pendekatan sejarah dengan multidisiplin ilmu sosial akan lebih berjalan dengan baik bila memahami konsep dasar ilmu sosial yang dijadikan acuan sebagai pendekatannya. Pemahaman konsep dasar ilmu sosial yang digunakan dalam pendekatan sejarah membuat penulisan sejarah akan lebih utuh dalam mendeskripsikan kehidupan manusia dimasa lampau. Adapun konsep dasar ilmu sosial yang sering dipakai oleh sejarah adalah sebagai berikut:
1.         Geografi
Konsep dasar geografi menekankan pada keruangan, jarak, aksesibilitas pada ruang, dan penduduk.
2.         Ekonomi
Konsep dasar ekonomi menekankan pada kelangkaan sumber daya dan keanekaragaman kebutuhan manusia dan tindakan manusia dalam mengatasinya.
3.         Sosiologi
Konsep dasar sosiologi menekankan pada pola-pola hubungan manusia dengan manusia, manusia dengan lembaga sosial, dan akibatnya terhadap lingkungan sekitar.
4.         Antropologi
Konsep dasar antropologi menekankan pada budaya yang meliputi kepercayaan, teknologi, mata pencaharian, pendidikan, sistem pemerintahan, peralatan hidup, dan sistem nilai.
5.         Politik dan Pemerintahan
Konsep dasar politik dan pemerintahan menekankan pada legalitas penguasa, cara perolehan kekuasaan, dan usaha untuk meluaskan wilayah kekuasaan, serta mempertahankan kekuasaan.

Di dalam penulisan sejarah dengan menggunakan pendekatan multidisiplin ilmu sosial akan memberikan deskripsi yang utuh terhadap kehidupan manusia dimasa lampau. Sebagai ilustrasi dapat diambil contoh tentang penulisan sejarah Kerajaan Majapahit. Jika menggunakan pendekatan multidisiplin ilmu sosial maka akan didapati gambaran secara utuh, sehingga akan didapati sejarah Kerajaan Majapahit sebagai berikut:
1.         Dari pendekatan geografi akan didapatkan gambaran tentang lokasi pusat kerajaan yang berada disekitar Mojokerto. Wilayah kekuasaan yang mencakup nusantara menurut Negarakertagama. Sedangkan penduduk yang menghuni yaitu pribumi dan warga asing.  Adapun aksesibilitas antar wilayah di Majapahit menggunakan perahu dan jalan darat, dibuktikan dengan adanya pejabat Laksamana.
2.         Dari pendekatan ekonomi akan didapatkan hasil-hasil produksi Majapahit berupa hasil pertanian, hasil hutan, dan kelautan. Penggerak ekonomi Majapahit berupa agraris dan maritim, dan upaya-upaya pemenuhan kebutuhan masayarakat berupa perdagangan baik lokal maupun internasional dengan dibukanya pelabuhan di Sedayu, Hujung Galuh, dan Kambang Putih.
3.         Dari pendekatan sosiologi akan didapatkan pola hubungan antar masyarakat yang terjalin baik yang tercermin dalam Bhinneka Tunggal Ika tan hana dharma mangrwa.
4.         Dari pendekatan antropologi  akan didapatkan sistem kepercayaan di Majapahit berupa Hindu, Budha, dan Resi. Sedangkan sistem pemerintahan berupa kerajaan yang bersifat federal. Teknologi  dan mata pencaharian penduduk berupa tekonologi dibidang pertanian dan kelautan di masa Majapahit.
5.         Dari pendekatan politik dan kekuasaan akan didapatkan usaha legalisasi kekuasaan yang dilakukan penguasa Majapahit saat itu, cara memperoleh kekuasaan (baikdengan jalur genealogis atau pemberontakan), usaha memperluas kekuasaan dengan Sumpah Palapa dari Gajah Mada, dan mempertahankan kekuasaan dengan membina hubungan dengan wilayah sekitar melalui acara Seba Agung di Majapahit.

C.     Kesimpulan
Penggunaan pendekatan multidisiplin ilmu sosial didalam sejarah akan menghasilkan sejarah yang utuh, sehingga dalam historiografi dapat tergambar dengan jelas kehidupan manusia dimasa lalu dari segala aspeknya. Dengan demikian sejarah tidak dapat dipisahkan dengan disiplin ilmu sosial yang lain. Analitis historis akan semakin kuat dan scientific dengan dukungan dari multidisiplin ilmu sosial. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa sejarah merupakan suatu sistem yang terdiri dari berbagai pendekatan ilmu sosial lainnya. Suatu sistem dikarenakan merupakan satu kesatuan dalam menganalisa sejarah.

D.    Daftar Pustaka
·         Konsep Dasar IPS. http://mumutmuthmainnah.blogspot.com/2013/04/konsep-dasar-ips.html didownload 11 Februari 2014
·         Konsep Dasar IPS. http://stkip.files.wordpress.com/2011/05/konsep-dasar-ips-2.pdf didownload 11 Februari 2014
·         Pendekatan Ilmu Sosial Dalam Metodologi Sejarah. http://serbasejarah.blogspot.com/2011/03/pendekatan-ilmu-sosial-dalam-metodologi.html didownload 11 Februari 2014
·         Hakikat IPS. http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/Pendidikan%20IPS%20SD.pdf didownload 11 Februari 2014
·         Indiyanto.  Multidimensional Approach Dalam Penulisan Sejarah. http://eprints.undip.ac.id/671/1/Multi_Dimensional_Approach.doc. didownload 11 Februari 2014
·         Konsep geografi. http://eprints.uny.ac.id/8785/3/BAB%202%20-%2010405247004.pdf didownload 11 Februari 2014

·         Sugiharsono. Pentingnya Peta Konsep Ilmu Ekonomi Dalam Pembelajaran Ekonomi. Jurusan Pendidikan Ekonomi FISE UNY. http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/penelitian/Dr.%20Drs.%20Sugiharsono,%20M.Si../PENTINGNYA%20PETA%20KONSEP%20EKONOMI_0.doc. didownload 11 Februari 2014
·         S.P. Taneo. Konsep Dasar Ilmu Sosial. http://pjjpgsd.dikti.go.id/file.php/1/repository/dikti/Mata%20Kuliah%20Awal/Kajian%20IPS%20SD/BAC/Kajian_IPS_2_0.pdf. didownload 11 Februari 2014













No comments:

Post a Comment

Disqus Shortname

Comments system