Wednesday 18 November 2015

Patirtan Watugede

Satekanira Ken Dedes ring Tumapel rinowang sapaturon denira Tunggul ametung, tan sipi sihira Tunggul ametung, wahu ngidam sira ken Dedes, dadi sira Tunggul ametung akasukan, acangkrama somahan maring taman Boboji, sira Ken Dedes anunggang gilingan. Satekanira ring taman sira Ken Dedes tumurun saking padati, katuwon pagawening widhi, kengis wetisira, kengkab tekeng rahasyanira, neher katon murub denira Ken Angrok, kawengan sira tuminghal, pituwi dening hayunira anulus, tan hanamadani ring listu-hayunira, kasmaran sira Ken Angrok tan wruh ring tingkahanira (Pararaton).


Patirtaan (kolam pemandian) Watugede berlokasi di desa Watugede, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang. Berada tidak jauh dari Candi Singosari. Perjalanan menuju patirtan Watugede cukup mudah, karena tidak jauh dari jalan raya Malang-Surabaya. Apabila ditempuh melalui kereta api jauh lebih mudah, karena dekat dengan Stasiun Singosari, cukup jalan kaki saja.




[caption id="attachment_651" align="alignnone" width="3264"]DSC01768 Penulis dan Papan Nama Patirtan Watugede[/caption]

Patirtan tersebut diyakini merupakan taman Boboji yang diceritakan dalam Pararaton, meskipun bukti secara tertulis belum pernah ditemukan. Kepercayaan tersebut hingga kini tetap ada dikalangan masyarakat setempat, bahkan air yang ada di patirtan dipercaya berkhasiat awet muda, seperti Ken Dedes yang cantik dan awet muda. Kepercayaan tersebut dapat dimengerti karena lokasi yang dekat dengan Candi Singosari, dan tentunya dekat dengan pusat kerajaan/istana sehingga memungkinkan perkiraan tersebut. Adapun anggapan kepercayaan tentang air nya, juga dapat dipahami karena air yang segar dari mata air yang bebas dari polusi akan terasa segar dan menyehatkan kulit, sehingga tentunya bermanfaat bagi kesehatan. Disamping itu suasana patirtan yang sejuk dan damai akan membawa suasana tersendiri bagi kondisi psikis pengunjung yang tentunya berdampak pula bagi kesehatan. Sehat diharapkan panjang umur/awet muda.


Patirtan yang berdenah segi panjang, terdapat tangga menuju kolam. Air kolam nampak kehijauan karena (mungkin) adanya lumut. Namun jangan khawatir, air nya bersih dan bebas polusi. Segar.


Pada hari-hari tertentu dapat dijumpai pengunjung dengan berbagai keperluan spiritual.


[gallery ids="677,676,675,674" type="rectangular"]

No comments:

Post a Comment

Disqus Shortname

Comments system