Peserta didik dan guru dalam dunia pendidikan adalah unsur penting. Peserta didik memiliki potensi yang luar biasa. Potensi yang luar biasa tersebut haruslah digali. Penggalian potensi tersebut haruslah diketahui oleh guru. Guru perlu memandang peserta didik sebagai individu yang berpotensi dan perlu dikembangkan potensi tersebut.
Potensi peserta didik yang harus digali oleh guru tidak hanya dari segi akademik saja, namun menyeluruh, "wholistic".Kecerdasan peserta didik bukan hanya angka-angka didalam rapot, pencapaian KKM, atau segala macam yang berkaitan dengan itu. Menurut Teori Multiple Intelegensi, yang dikemukakan oleh Howard Gardner, setidaknya manusia mempunyai berbagai kecerdasan. Berbagai kecerdasan tersebut ada yang nampak dan dominan serta menonjol, namun ada yang tidak. Kecerdasan menurut Teori Multiple Intelegensi ada 9 bidang yaitu:
Potensi peserta didik yang harus digali oleh guru tidak hanya dari segi akademik saja, namun menyeluruh, "wholistic".
- Kecerdasan Linguistik : Menyangkut kemampuan mengolah kata dan berbahasa, baik bahasa tulis atau pun bahasa lisan.
- Kecerdasan Visual-Spasial: kemampuan pengamatan dan keruangan serta geografi
- Kecerdasan Kinestetis-Jasmani: Kemampuan menyangkut fisik, bukan hanya olah raga tetapi ketrampilan seperti prakarya juga berhubungan dengan ini
- Kecerdasan Musikal: Kemampuan bermusik baik sebagai pelaku, pendengar, atau pencipta
- Kecerdasan Intrapersonal: Kemampuan melakukan intropeksi diri
- Kecerdasan Interpersonal: Kemampuan melakukan komunikasi, membuat network
- Kecerdasan Natural: Kemampuan memahami lingkungan hidup
- Kecerdasan Eksistensial: Kemampuan menunjukkan esksistensi
No comments:
Post a Comment