Teori Strukturasi Anthony Gidens menyatakan bahwa individu adalah agen-agen sosial dengan kemampuan dapat merombak struktur sosial yang ada. Individu yang berperan sebagai agen sosial setidaknya memiliki kepribadian kuat sehingga tidak hanya memberi warna terhadap struktur sosial yang ada tetapi juga dapat merubah struktur yang ada. Pendidikan memiliki tujuan untuk membekali individu dengan pengetahuan, ketrampilan, dan sikap sehingga mampu meningkatkan kualitas dirinya.
Pendidikan yang berkaitan erat dengan anak didik, tentu saja dapat dikategorikan sebagai pencetak agen-agen sosial dimasa depan. Anak didik yang berperan sebagai agen sosial perlu untuk dipersiapkan. Tugas keluarga, guru, sekolah, pemerintah, dan masyarakat berkewajiban untuk melancarkan proses pencapaian tujuan pendidikan. Keunikan setiap anak didik sudah sepantasnya dipandang sebagai sesuatu kelebihan yang dimiliki dalam upayanya menjadi seorang agen sosial.
Pendidikan yang berkaitan erat dengan anak didik, tentu saja dapat dikategorikan sebagai pencetak agen-agen sosial dimasa depan. Anak didik yang berperan sebagai agen sosial perlu untuk dipersiapkan. Tugas keluarga, guru, sekolah, pemerintah, dan masyarakat berkewajiban untuk melancarkan proses pencapaian tujuan pendidikan. Keunikan setiap anak didik sudah sepantasnya dipandang sebagai sesuatu kelebihan yang dimiliki dalam upayanya menjadi seorang agen sosial.
mencari bekal untuk menjadi agen sosial pembawa perubahan
No comments:
Post a Comment